CEGAH DAN KENDALIKAN HIPERTENSI UNTUK HIDUP LEBIH BERKUALITAS

Bandung (25/11), BKOM Bandung telah melaksanakan seminar online pada tanggal 25 November 2021 dalam rangka turut serta mencegah dan mengendalikan hipertensi sebagai salah satu penyakit dengan angka kejadian yang cukup tinggi. Seminar online yang bertajuk “Cegah dan Kendalikan Hipertensi untuk Hidup Lebih Berkualitas” dilaksanakan melalui media zoom meeting dan  disiarkan secara langsung melalui youtube BKOM Bandung. Seminar dihadiri oleh masyarakat dalam tatanan institusi seperti : Kementerian Kesehatan dan UPT vertikalnya; dinas Kesehatan provinsi, kabupaten/kota hingga puskesmas; rumah sakit umum pusat maupun daerah,; perguruan tinggi/sekolah tinggi Kesehatan; himpunan profesi dan masyarakat umum.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BKOM Bandung, dr, Linda Siti Rohaeti, MKM. Dalam sambutannya disampaikan bahwa hipertensi perlu dicegah dengan mengendalikan perilaku berisiko seperti diet yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol, merokok, dan stres.  Sementara itu di sisi lain, penanganan hipertensi sebagai suatu penyakit kronis membutuhkan tatalaksana jangka panjang sehingga dibutuhkan pendekatan terapi secara farmakologis dan non farmakologis. Salah satu bentuk upaya nonfarmakologis dalam pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi pada hipertensi adalah dengan melakukan latihan fisik secara teratur.

Berlatar belakang hal tersebut maka seminar online ini  mengangkat materi mengenai gaya hidup sehat untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi, serta latihan fisik untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi.  Hadir sebagai narasumber yaitu dr. Badai Bhatara Tiksnadi, Sp.JP, FIHA dari Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) dan dr. Grace L Tumbelaka, Sp.KO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Salah satu bentuk latihan fisik yang dapat dijadikan rekomendasi untuk pencegahan dan pengendalian hipertensi adalah senam. Pada kegiatan seminar online ini juga dilaksanakan launching senam hipertensi yang telah disusun oleh BKOM Bandung. Harapannya, senam ini dapat dijadikan salah satu acuan latihan fisik yang dapat dilakukan secara mandiri maupun terpimpin baik kelompok maupun perorangan, dalam upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi.

Video seminar online dapat ditonton di bawah ini :

Video senam hipertensi dapat ditonton di bawah ini :

 5,779 total views,  3 views today