IBU HAMIL BUGAR, PERSALINAN LANCAR

Bandung (4/3), BKOM Bandung mengadakan seminar online yang mengusung tema “Ibu Hamil Bugar, Persalinan Lancar di Masa Pandemi”. Seminar yang dilaksanakan melalui media zoom meeting dan live streaming youtube BKOM Bandung dihadiri oleh: peserta dari Kementerian Kesehatan RI dan UPT vertikal, pengelola program kesehatan olahraga dan pengelola program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dari beberapa dinas kesehatan provinsi, kabupaten/kota hingga puskesmas se-Indonesia, pegawai rumah sakit umum pusat, daerah dan swasta, civitas academica perguran tinggi, bidan klinik maupun praktek mandiri, dan masyarakat umum.

Seminar online ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI, Perkumpulan Obestri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Sesi panel materi dari ketiga narasumber dimoderatori oleh Kepala BKOM Bandung dr. Linda Siti Rohaeti,MKM.

dr. Nida Rohmawati, MPH selaku narasumber dari Direktorat Kesehatan Keluarga Kemenkes RI menyampaikan materi terkait optimalisasi kesehatan ibu hamil dan nifas di masa pandemi. Dalam paparannya narasumber menyampaikan pelayanan Antenatal Care (ANC) di era adaptasi kebiasaan baru antara lain: harus menerapkan prinsip umum pencegahan Covid 19, dilaksanakan berdasarkan klasifikasi zona hijau dan zona merah, dilakukan skrining faktor risiko oleh dokter dengan protokol kesehatan, dilakukan skrining Covid-19 pada H-14 sebelum persalinan, semua persalinan dilakukan di fasilitas kesehatan, dan pelayanan nifas bagi yang berstatus suspek dapat dilaksanakan setelah isolasi mandiri.

Narasumber dari POGI, Dr. dr. Adhi Pribadi, Sp.OG menyampaikan topik mengenai menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan dan nifas. Kehamilan harus direncanakan dengan baik sehingga ibu harus menjaga kesehatan dari mulai merencanakan kehamilan, pada masa kehamilan, dan nifas.

Narasumber dari PDSKO, dr. Elsye, Sp.KO menyampaikan materi terkait latihan fisik pada ibu hamil dan nifas di masa pandemi. Dalam paparannya narasumber menyampaikan bahwa ibu hamil yang sehat tanpa kontra indikasi disarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 150 menit per minggu. Hal ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Sementara itu latihan fisik bagi ibu dalam masa nifas sangat tergantung pada proses ibu melahirkan (apakah operasi sesar atau normal) serta jarak dari waktu melahirkan.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk untuk dijawab oleh para narasumber. Menutup kegiatan, moderator sekaligus kepala BKOM menyampaikan bahwa kesehatan ibu merupakan prioritas dan topik yang diangkat pada seminar kali ini sangat menarik serta dapat diimplementasikan oleh para ibu atau tenaga kesehatan di lapangan.

Video seminar online ini dapat ditonton di bawah ini :

 68,159 total views,  2 views today