Kegiatan Orientasi Teknis Kesehatan Olahraga, 28 Februari – 03 Maret 2023

Dalam upaya mendorong pencapaian target indikator yang berkaitan dengan kesehatan olahraga di daerah diperlukan dukungan salah satunya berupa pembinaan teknis seperti penguatan kapasitas SDM pengelola program kesehatan olahraga. Berkaitan dengan hal tersebut, maka BKOM Bandung menyelenggarakan kegiatan Orientasi Teknis Kesehatan bagi Pengelola Program Kesehatan Olahraga di daerah. Kegiatan diselenggarakan  di Aston Hotel Bogor pada tanggal 28 Februari sampai dengan 3 Maret 2023.

Dalam kesempatan ini hadir sebagai peserta yaitu pengelola program dari 5 Provinsi dan BKOM Daerah di wilayah penugasan BKOM Bandung. Provinsi tersebut yaitu: Provinsi Sulawesi Selatan dengan jumlah perwakilan 5 Kota/Kabupatennya, Jawa Tengah (9 Kota/Kabupaten), Sumatera Selatan (4 Kota/Kabupatena), Nusa Tenggara Barat (3 Kota/Kabupaten) dan Lampung (4 Kota/Kabupaten). BKOM Daerah terdiri dari BKOM Kalimantan Selatan, UPTD Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Provinsi Kalimantan Barat, BKOM dan Pelkes Sumatera Barat, dan UPTD Kesehatan Tradisional Provinsi Bali, masing-masing sebanyak 1 orang peserta. Total seluruh peserta berjumlah 29 orang.

Pada hari pertama acara di buka secara resmi oleh Kepala BKOM Bandung, dr. Linda Siti Rohaeti, MKM dan seluruh peserta mengisi pre-test. Di hari kedua dilaksanakan olahraga bersama yang dilanjutkan dengan pemberian materi  “Pembinaan latihan fisik pada anak sekolah dan materi pembinaan latihan fisik pada pekerja” dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Materi selanjutnya yaitu “Pengukuran kebugaran jasmani & latihan fisik yang BBTT”  dari BKOM Bandung serta materi “Pembinaan pelayanan kesehatan olahraga dan sistem pencatatan & pelaporan serta pengukuran kebugaran mandiri (Sipgar Terkini)” dari Direktorat Kesehatan Usia produktif dan lanjut Usia.  Hari kedua di tutup dengan persiapan praktek pengukuran Kebugaran Mandiri untuk esok harinya.

Gambar pengukuran kebugaran mandiri dengan SIPGAR

Hari ketiga seluruh peserta mengikuti pengukuran kebugaran Mandiri (Sipgar) dilanjutkan dengan materi dari PDSKO dengan tema : “Pembinaan latihan fisik pada kelompok masyarakat (lansia dan kondisi khusus/diabetes/hipertensi)” serta materi “Pencegahan & Penanganan Cedera Olahraga”. Telah dilaksanakan juga penyusunan rencana tindak lanjut dari seluruh peserta dan post-test.  Kegiatan ditutup secara resmi oleh Kepala BKOM Bandung.

Foto bersama peserta kegiatan Orientasi Teknis Kesehatan Olahraga.

Semoga kegiatan orientasi teknis kesehatan olahraga yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan kapasitas pengelola program Kesehatan olahraga di daerah serta dapat memberikan kontribusi dalam mendorong pelaksanaan kegiatan Kesehatan olahraga di Provinsi sasaran serta BKOM Daerah.

 5,019 total views,  1 views today

×