Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Olahraga Bagi Klien Latihan Fisik Bkom Bandung

Sabtu (8/2/20) bertempat di The Green Forest Resort BKOM Bandung mengadakan kegiatan “Sosialisasi kesehatan olahraga kepada klien latihan fisik BKOM Bandung” Tahun 2020 yang mengangkat topik “Metode latihan fisik untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot”. Acara dihadiri oleh 74 orang peserta dan dilaksanakan dalam bentuk seminar dan team building.

Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan salah satu upaya BKOM Bandung dalam meningkatkan pengetahuan dan motivasi masyarakat/klien untuk melakukan aktivitas/latihan fisik yang baik, benar, teratur, terukur.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BKOM Bandung dr. Linda Siti Rohaeti, MKM. Dalam sambutannya kepala BKOM Bandung menyatakan bahwa Penyakit tidak menular (PTM) masih menjadi masalah besar dalam bidang kesehatan. Upaya pencegahan dan pengendalian PTM dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat diantaranya dengan melakukan aktifitas/latihan fisik secara teratur dan mengkonsumsi gizi seimbang. Oleh sebab itu pada kesempatan ini, kepala BKOM Bandung mengajak masyarakat agar dapat melakukan latihan fisik secara baik, benar, teratur dan terukur sesuai kaidah kesehatan sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmaninya. Dan tidak hanya untuk dirinya, namun diharapkan juga dapat mengajak keluarga dan orang-orang di sekitarnya untuk dapat menjadi sehat dan bugar bersama-sama.

Bertindak sebagai pemateri pada kegiatan ini adalah dr. Agustinus Andi Kurniawan, Sp.KO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Dalam paparannya narasumber menyatakan bahwa obesitas dapat disebabkan gaya hidup kurang sehat yang salah satunya adalah cenderung untuk banyak duduk dan kurang aktivitas. Obesitas berdampak pada kesehatan mulai dari sumbatan jalan nafas saat tidur, peningkatan kolesterol darah, menimbulkan kanker, diabetes, dan lain-lain. Untuk mengatasi obesitas dapat dilakukan dengan aktivitas fisik, latihan fisik dan olahraga. Durasi yang dianjurkan untuk latihan fisik atau olahraga adalah 150 menit dalam seminggu, frekuensi 3 – 5 dalam seminggu, mulai dari jalan, bersepeda, jogging, berenang, senam dan olahraga permainan. Saat melakukan latihan fisik atau olahraga perlu memperhatikan denyut nadi maksimal yaitu 70% dari 220 – umur.

 1,729 total views,  1 views today