Melawan Covid-19 Melalui Kebugaran Tubuh

          Pada tanggal 16 Juli 2020 BKOM Bandung mengadakan kegiatan webinar bertajuk  “Tubuh Bugar Lawan Covid-19 di Masa Tatatan Kehidupan Baru“. Acara berlangsung selama kurang lebih 3 jam  melalui aplikasi konferensi video Zoom. Adapun tujuan dari kegiatan webinar ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya meningkatkan kebugaran tubuh di era pandemi Covid-19.

          Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pandemic Covid-19 kemungkinan akan berlangsung lama. Oleh karena itu kita perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru, dengan pola hidup yang lebih bersih, lebih sehat, dan lebih taat sehingga masyarakat dapat hidup produktif dan aman.

          Bertindak sebagai pembicara pada kegiatan ini yaitu: drg. Kartini Rustandi, MKes (Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI) dan dr. Grace Tumbelaka, SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Webinar dipandu oleh kepala BKOM Bandung (dr. Linda Siti Rohaeti, MKM) selaku moderator.

          drg. Kartini Rustandi, M.Kes  membuka materi dengan menekankan pentingnya mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah ketika berolahraga, yang meliputi: protokol olahraga individu di luar rumah, tempat umum, pusat kebugaran pusat pelatihan olahraga, serta penyelenggaraan pertandingan olahraga.

          Prinsip dasar yang harus dipatuhi ketika masyarakat melakukan olahraga di luar rumah dan di tempat umum diantaranya: memakai masker, berolahraga dengan intensitas sedang, menjaga jarak, tidak memakai alat olahraga secara bergantian, bila menggunakan alat olahraga yang dipakai bersama agar dibersihkan dulu, dan pastikan mandi serta mengganti baju setelah berolahraga.

          Pembicara kedua yaitu dr. Grace Tumbelaka, Sp.KO memaparkan pentingnya latihan fisik sebagai sarana untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada masa pandemi ini. Dikatakan bahwa latihan fisik dapat meningkatkan imunitas dan menurunkan tingkat depresi serta kecemasan.

          Adapun latihan fisik yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu berupa latihan aerobik intensitas sedang, latihan kekuatan otot sebanyak 2-3 kali per minggu, peregangan yang dilakukan setiap sebelum dan sesudah latihan, peregangan tiap 2 jam di sela aktivitas harian, serta menerapkan pola hidup sehat.

          Secara keseluruhan, kegiatan webinar ini mendapatkan atensi dan antusiasme yang tinggi dari para peserta, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi diskusi.

 2,475 total views,  3 views today