MENJADI LANSIA SMART – ‘‘SEHAT, MANDIRI, AKTIF DAN PRODUKTIF”

Bandung (23/11), BKOM Bandung melaksanakan seminar online dengan tema “Menjadi Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif)”. Seminar yang dilaksanakan secara online melalui media zoom meeting ini juga disiarkan secara langsung melalui youtube BKOM Bandung. Seminar dihadiri oleh masyarakat dalam tatanan institusi seperti : Kementerian Kesehatan dan UPT vertikalnya; dinas Kesehatan provinsi, kabupaten/kota hingga puskesmas; rumah sakit umum pusat maupun daerah,; perguruan tinggi/sekolah tinggi Kesehatan; himpunan profesi dan masyarakat umum.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BKOM Bandung, dr.Linda Siti Rohaeti, MKM. Dalam sambutannya, Kepala BKOM Bandung menyampaikan bahwa meningkatnya Usia Harapan Hidup (UHH) sejalan dengan bertambahnya populasi lanjut usia. Hal ini mengakibatkan transisi epidemiologi berupa meningkatnya angka kesakitan akibat penyakit degeneratif. Oleh karena itu, pertambahan jumlah lansia harus sejalan dengan meningkatnya kualitas hidup lansia. Seminar ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kontribusi BKOM Bandung dalam upaya meningkatkan status Kesehatan dan kebugaran lansia melalui pemberian sosialisasi Kesehatan olahraga kepada masyarakat. Seminar atau sosialisasi ini merupakan salah satu upaya preventif dan promotif dalam upaya meningkatkan pola hidup sehat pada lansia seperti melakukan aktivitas fisik teratur dan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang.

Seminar ini menghadirkan narasumber dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) yaitu dr. Lazuardi Dwipa, Sp.PD. (K)Ger yang menyampaikan materi terkait deteksi dini dan pencegahan frailty Syndrome untuk menjaga kualitas hidup usia lanjut. Selain itu juga hadir narasumber dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) DPD Provinsi Jawa Barat, yaitu Asep Ahmad Munawar, SKM., MKM., RD yang menyampaikan materi mengenai gizi tepat dan seimbang bagi lansia. Pada kegiatan seminar online ini juga dilaksanakan launching senam lansia yang telah disusun oleh BKOM Bandung. Senam ini diharapkan menjadi salah satu alternatif latihan fisik yang dapat dilakukan oleh lansia baik secara mandiri maupun bersama kelompok lansia di masyarakat.

Video seminar online ini dapat ditonton di bawah ini :

Untuk video senam lansia dapat ditonton di bawah ini :

 2,629 total views,  5 views today