MOTIVASI DALAM MELAKUKAN LATIHAN FISIK

Latihan fisik yang dilakukan secara baik, benar, teratur, dan terukur akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat latihan fisik bagi tubuh kita di antaranya memperlancar aliran darah, memperkuat otot jantung, meningkatkan kapasitas jantung, memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot, memperbaiki postur tubuh, mengendalikan berat badan, menurunkan risiko osteoporosis serta meningkatkan ketahanan tubuh.

Latihan fisik dapat memberikan manfaat bila dilakukan selama 150-300 menit/minggu dengan intensitas sedang atau 75-150 menit/minggu dengan intensitas tinggi atau kombinasi antara intensitas sedang dan tinggi.

Seringkali kita merasa malas/kurang termotivasi untuk melakukan latihan fisik, padahal manfaat latihan fisik bagi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Bagi seorang atlet, motivasi latihan fisik dapat berasal dari keinginan untuk menang sementara bagi yang lainnya motivasi bisa datang dari keinginan untuk menjadi lebih sehat dan bugar atau mencapai berat badan ideal.

Gambar latihan fisk.

Nah, bagaimana caranya agar kita dapat termotivasi untuk melakukan latihan fisik? Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar kita termotivasi dalam melakukan latihan fisik yaitu:

1. Tetapkan tujuan dan strategi
Tuliskan tujuan kita misalnya untuk meningkatkan kebugaran. Mulailah dengan melakukan latihan fisik jangka pendek misalnya jika sudah lama tidak melakukan latihan fisik, berjalan kaki selama 10 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu kemudian tingkatkan secara bertahap hingga 30 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu. Pastikan tujuan yang ditetapkan realistis dan dapat dilaksanakan. Catat durasi latihan dan kemajuan yang diperoleh. Saat ini perekaman latihan fisik dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi olahraga.

2. Pilih latihan fisik yang disukai
Misalnya bergabung dengan kelas senam/menari atau pun latihan bela diri. Jika lebih menyukai melakukan latihan fisik di rumah, carilah video dari berbagai jenis latihan yang disukai seperti yoga dan aerobik.

3. Mulai di awal hari
Semangat dan energi harian kita memiliki keterbatasan dan dapat terkuras oleh aktivitas sepanjang hari. Untuk mengatasinya, rencanakan latihan fisik di pagi hari.

4. Bergabung dengan kelompok olahraga
Penelitian menunjukkan bahwa kita cenderung melakukan latihan fisik secara konsisten jika kita melakukan latihan fisik bersama-sama dengan pasangan kita atau kelompok olahraga. Hal ini membuat kita lebih bertanggung jawab dan kita pun akan merasa lebih senang.

5. Dengarkan musik
Musik dapat memberikan efek ergogenik yang berpengaruh pada peningkatan durasi latihan fisik, penundaan kelelahan serta penurunan tingkat stres.

6. Fleksibel
Jika terlalu sibuk atau sedang tidak ingin melakukan latihan fisik, Anda mungkin memerlukan istirahat 1-2 hari. Nikmati waktu istirahat tersebut. Setelah mendapatkan kembali antusiasme, segera lakukan latihan fisik kembali.

7. Hadiahi diri sendiri
Setiap selesai melakukan latihan fisik, luangkan beberapa menit untuk bersyukur atas latihan yang telah dilakukan. Saat Anda mencapai tujuan tertentu, manjakan diri misalnya dengan membeli sepasang sepatu baru.

8. Jadikan sebagai rutinitas harian
Jika sulit menemukan waktu khusus untuk melakukan latihan fisik, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti sering menggunakan tangga daripada lift, memarkirkan kendaraan lebih jauh agar dapat berjalan menuju tempat kerja, berjalan-jalan saat jam istirahat di kantor atau melakukan peregangan di antara jam kerja.

Jika memerlukan informasi terkait tingkat kebugaran atau dosis latihan fisik yang tepat dapat dikonsultasikan lebih lanjut di BKOM Bandung. Salam Sehat, Bugar, dan Produktif.

Ditulis oleh: Silvia Anggraeni, S.Kp., M.Kep

Kepustakaan:

  1. P2PTM Kemenkes RI (2019)   Manfaat Latihan Fisik
    http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/apa-saja-manfaat-latihan-fisik-yuk-simak-manfaatnya-bagi-fisik
  2. US Departemen of Health and Human Services (2018) Physical Activity Guidelines for Americans   2nd edition   8
  3. Paige Waehner (2021) Get Motivated to Exercise When You’re Off Track   Medically reviewed by Rachel Goldman,PhD,FTOS   Verywellfit.com
  4. Mayo Clinic Staff (2021)   Fitness: Tips for staying motivated
  5. Michelle Crouch AARP (2018) Need Motivation to Exercise? What Science Says Really Work AARP.org
  6. Avinash E Thakare, Ranjeeta Mehrotra, Ayushi Singh (2017)   Effect of music tempo on exercise performance and heart rate among young adults   International Journal of Physiologi, Pathophysiology and Pharmacology 9(2): 35-39

 10,406 total views,  15 views today

×