Pendampingan Teknis dan Monitoring Pasca Orientasi “Penguatan Kapasitas Pengelola Kesehatan Olahraga Provinsi NTB”

Bandung (16/3), BKOM Bandung melaksanakan kegiatan Pendampingan Teknis dan Monitoring Pasca Orientasi Kesehatan Olahraga bagi Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 16 Maret 2023. NTB merupakan satu dari 6 provinsi yang menjadi wilayah penugasan BKOM Bandung. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari orientasi teknis kesehatan olahraga yang telah dilaksanakan oleh BKOM Bandung pada tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari pengelola kesehatan olahraga Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Kabupaten dan Puskesmas di Lombok Tengah dan Lombok Barat Provinsi NTB.

Kegiatan dibuka oleh koordinator substansi kemitraan mewakili kepala BKOM Bandung. Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan pendampingan teknis dan monitoring ini dilaksanakan untuk memberi penguatan teknis serta melihat sejauh mana implementasi program kesehatan olahraga di beberapa kabupaten/kota setelah mendapatkan orientasi teknis dari BKOM Bandung pada tahun 2022.

Paparan Materi Prinsip Latihan Fisik Olahraga Masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 08.00 pagi hingga 12.00 terdiri dari: pengisian evaluasi pasca orientasi; paparan dan diskusi materi; pengisian instrumen monitoring oleh Dinkes Provinsi, kabupaten dan puskesmas; serta kesimpulan dan penutup. Pada panel materi pertama disampaikan materi tentang “Pemeriksaan Kebugaran Mandiri dengan Aplikasi SIPGAR dan Penggunaan Aplikasi SITKO” dengan narasumber dari Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia, “Prinsip Latihan Fisik Olahraga Masyarakat” dengan narasumber dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), dan “Pembinaan Kelompok Olahraga Masyarakat di Provinsi NTB” dengan narasumber dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi NTB. Panel Materi ke-2 berisi paparan, pembahasan dan diskusi mengenai evaluasi kegiatan kesehatan olahraga di Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah dengan narasumber dari Dinkes Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah serta pembahas dari Dinkes Provinsi NTB.

Diskusi evaluasi kegiatan kesehatan olahraga.

Pada penyampaian kesimpulan dan penutup di akhir acara, koordinator substansi kemitraan mewakili kepala BKOM Bandung menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat bermanfaat dalam implementasi pelaksanaan kesehatan olahraga di daerah sehingga mampu mendorong pencapaian indikator yang berkaitan dengan kesehatan olahraga di Provinsi NTB hingga tingkat nasional.

 17,527 total views,  1 views today