Pendampingan Teknis dan Monitoring Pasca Orientasi Kesehatan Olahraga bagi Provinsi Jawa Tengah

Pada hari Kamis 6 April 2023, BKOM Bandung telah melaksanakan kegiatan Pendampingan Teknis dan Monitoring Pasca Orientasi Kesehatan Olahraga bagi Provinsi Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan satu dari 6 provinsi yang menjadi wilayah penugasan BKOM Bandung.  Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari orientasi teknis kesehatan olahraga yang telah dilaksanakan oleh BKOM Bandung pada tahun 2022. Selain itu kegiatan dilaksanakan dalam upaya meningkatkan program kesehatan olahraga melalui penguatan kapasitas SDM pengelola kesehatan olahraga dan untuk mendorong pencapaian target indikator kesehatan olahraga di daerah secara terintegrasi dan berkesinambungan.

Pendampingan Teknis dan Monitoring secara daring.

Kegiatan dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh kurang lebih 70 orang peserta  yang terdiri dari pengelola kesehatan olahraga serta pengelola kesehatan usia sekolah dan remaja Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan dan Puskesmas di 6 Kabupaten/Kota yang terorientasi kesehatan olahraga tahun 2022 yaitu kota Tegal, Kabupaten Klaten, Kabupaten Banyumas, Pekalongan, Wonosobo dan Karang anyar. Kegiatan dibuka dengan penyampaian laporan ketua panitia  oleh koordinator substansi kemitraan dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi  oleh kepala BKOM Bandung. Dalam sambutannya kepala BKOM berharap bahwa  kegiatan pendampingan teknis dan monitoring yang dilaksanakan dapat menjadi bekal serta menambah penguatan teknis dalam implementasi program kesehatan olahraga di daerah.

Peserta Pendampingan Teknis dan Monitoring Pasca Orientasi Kesehatan Olahraga bagi Prov. Jateng.

Dalam kegiatan ini disampaikan paparan evaluasi dari 2 Kabupaten/Kota yang dipilih oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa tengah yaitu Kabupaten Klaten dan Kota Tegal. Pada paparannya masing-masing menyampaikan kegiatan kesehatan olahraga yang sudah dilaksanakan serta beberapa kendala dan hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program kesehatan olahraga. Pengelola program kesehatan olahraga Dinas Kesehatan Provinsi turut hadir sebagai pembahas, dimana saat sesi diskusi memberikan apresiasi kepada Kabupaten Klaten dan Kota Tegal karena sudah dapat melaksanakan program kesehatan olahraga meskipun ada beberapa hambatan. Pada sesi diskusi Kota Tegal memberikan tips bagaimana berhasil dalam melaksanakan program pengukuran kebugaran jasmani didaerahnya.

Paparan Kegiatan Kesehatan Olahraga.

Pendampingan dalam penguatan materi teknis diberikan dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia serta Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Materi teknis yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh daerah, yaitu terdiri dari materi mengenai pemeriksaan kebugaran mandiri dengan aplikasi SIPGAR dan penggunaan aplikasi SITKO yang disampaikan oleh dr.Harry Papilaya dari Direktorat Usia produktif dan Lanjut Usia Kemenkes RI. Narasumber dari PDSKO menyampaikan materi mengenai pencegahan dan penanganan pertama cedera olahraga yang disampaikan oleh dr.Nahum, Sp.K.O, dan pembinaan kebugaran jasmani pada anak sekolah oleh dr. Ratna Annisa Noor Fitria, MARS, Sp.K.O. Monitoring evaluasi dilakukan melalui instrumen yang dibagikan menggunakan google form. Form tersebut diisi oleh peserta pengelola kesehatan olahraga dari Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten dan kota dan Puskesmas. Kegiatan Pendampingan Teknis dan Monitoring Pasca Orientasi Kesehatan Olahraga bagi Provinsi Jawa Tengah diharapkan dapat bermanfaat dan mendukung implementasi program kesehatan olahraga di Provinsi Jawa Tengah.

 19,359 total views,  1 views today

×