Pendampingan Teknis dan Monitoring Pasca Orientasi Kesehatan Olahraga bagi Provinsi Sulawesi Selatan

Dalam upaya meningkatkan program kesehatan olahraga melalui penguatan kapasitas SDM pengelola program kesehatan olahraga dan untuk mendorong pencapaian target indikator kesehatan olahraga di daerah secara terintegrasi dan berkesinambungan, maka BKOM Bandung yang salah satu tugas dan fungsinya melakukan fasilitasi sosialisasi dan pelatihan mengadakan kegiatan “Pendampingan Teknis dan Monitoring Pasca Orientasi Teknis Kesehatan Olahraga”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Selasa 28 Maret 2023 secara online dan dihadiri oleh pengelola kesehatan olahraga dan pengelola kesehatan usia sekolah dan remaja sebanyak 70 orang peserta yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dibuka resmi oleh kepala BKOM Bandung dr. Linda Siti Rohaeti, M.KM. dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pendampingan dan evaluasi dari BKOM Bandung terhadap 5 provinsi yang telah mendapatkan orientasi teknis kesehatan olahraga pada tahun lalu dimana salah satunya Prov. Sulawesi Selatan.  Diharapkan dapat diketahui gambaran pelaksanaan kegiatan program kesehatan olahraga dan hambatan-hambatan yang dihadapi pengelola kesehatan olahraga didaerah.

Peserta pendampingan teknis melalui virtual meeting.

Dalam kegiatan ini juga dipaparkan evaluasi pelaksanaan program kesehatan olahraga di Kota Makassar dan Kabupaten Luwu Timur serta diberikan pendampingan berupa penguatan kembali materi kebijakan kesehatan olahraga oleh Tasripin, SKM, M.KM dari Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia (UPL) Kementerian Kesehatan RI dan materi teknis terkait pembinaan kebugaran jasmani bagi pekerja dan anak sekolah yang disampaikan DR. dr. Listya Trenanti Mirtha, Sp.KO, CCD, Subsp. APK (K) dan dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO, Sub Sp,APK (K) narasumber dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Adapun monitoring dilakukan melalui instrumen evaluasi kegiatan program kesehatan olahraga di daerahnya masing-masing.

Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan menjadi bekal pengelola kesehatan olahraga untuk meningkatkan inovasi dan kinerjanya pada masa yang akan datang.

 21,906 total views,  7 views today