Sosialisasi Kebugaran Jasmani Bagi Calon Jamaah Haji KBIH Daarut Tauhid Bandung

Menunaikan ibadah haji merupakan suatu kewajban bagi umat Islam yang mampu melaksanakannya. Untuk dapat meraih Haji Mabrur para jamaah harus dapat melaksanakan semua rangkaian rukun dan wajib haji yang sarat dengan aktifitas fisik. Hal tersebut  dapat terlaksana apabila jamaah berada dalam kondisi fisik yang sehat terlebih lagi bugar.

Untuk dapat meraih tingkat kebugaran yang diharapkan, terlebih dahulu para calon jamaah haji harus menjalani pemeriksaan kebugaran jasmani. Setelah diperoleh hasil dari tingkat kebugarannya , maka dapat di tentukan dosis latihan fisik yang tepat bagi masing-masing calon jamaah haji.

 Pembinaan kebugaran jasmani bagi calon jamaah haji didasarkan pada dosis latihan fisik yang telah diketahui untuk masing-masing calon jamaah haji. Pembinaan kebugaran jasmani yang dilakukan secara rutin akan memberikan manfaat sbb :

  • Meningkatkan status kebugaran
  • Menurunkan risiko penyakit
  • Meningkatkan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan suhu dan kelembaban lingkungan
  • Meningkatkan respon imunitas/kekebalan tubuh
  • Mengurangi stress dan kecemasan
  • Memperbaiki kelentukan sendi otot dan keseimbangan

Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Kesehatan Olahraga, Rehabilitasi Medik, dan Kebugaran RSUP Dr. Hasan sadikin Bandung, memiliki tugas salah satunya yaitu menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan olahraga (pemeriksaan kebugaran jasmani), khususnya bagi calon jamaah haji.

Dalam rangka mewujudkan istitha’ah (kemampuan), termasuk istitha’ah kesehatan calon jamaah haji, maka pada hari Sabtu tanggal 3 Februari 2024 telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pemeriksaan kebugaran bagi calon jamaah haji pada lingkup KBIH Daarut Tauhid Bandung yang dilaksanakan di Babakan Siliwangi Bandung. Kegiatan tersebut di hadiri oleh sekitar 100 orang calon jamaah haji KBIH Daarut Tauhid yang mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan penuh antusias.

Dalam kesempatan tersebut hadir kepala UPF Kesehatan Olahraga, Rehabilitasi Medik, dan Kebugaran RSUP Dr. Hasan sadikin Bandung serta Ketua KBIH Daarut Tauhid beserta jajarannya.

Acara di buka oleh KBIH Daarut Tauhid dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala UPF dr. Linda Siti Rohaeti,MKM dan pemberian materi tentang Kebugaran bagi Calon Jamaah Haji dari dr. Pinky Regina Garmiati. Di tutup dengan diskusi /Tanya jawab.

Semoga kegiatan Sosialisasi Kesehatan Olaharga bagi Calon Jamaah Haji ini dapat memberikan kontribusi dalam upaya membina kebugaran jasmani bagi Calon Jamaah Haji sehingga seluruh jamaah dapat melaksanakan seluruh rangkain ibadah haji di tanah suci dengan kondisi fisik yang lebih sehat dan bugar.