Sosialisasi Kesehatan Olahraga bagi Instruktur

BKOM Bandung telah melaksanakan sosialisasi kesehatan olahraga bagi instruktur olahraga pada tanggal 11 Oktober 2021.  Kegiatan dilaksanakan secara online melalui media zoom meeting dan dihadiri oleh kurang lebih 51 orang Instruktur yang berasal  dari kelompok olahraga masyarakat dibawah binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Bandung dan Perhimpunan Wanita Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI) Jawa Barat. Kegiatan yang digagas BKOM Bandung ini merupakan salah satu upaya BKOM Bandung untuk turut meningkatkan pengetahuan instruktur olahraga di Kota Bandung terkait kesehatan olahraga.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh kepala BKOM Bandung. Dalam sambutannya, Kepala BKOM Bandung menyampaikan bahwa pembudayaan aktivitas fisik dapat dilakukan sehari-hari baik secara individu, dalam keluarga, maupun dalam kelompok masyarakat. Instruktur olahraga merupakan salah satu sumber pengetahuan masyarakat terkait latihan fisik/olahraga yang sesuai kaidah kesehatan untuk mencapai tujuan kesehatan dan kebugaran. Oleh karena itu, tugas instruktur olahraga menjadi sangat dominan dan penting di masyarakat. Dengan kegiatan ini diharapkan para instruktur olahraga akan mampu mengedukasi dan menerapkan prinsip latihan yang sesuai kaidah kesehatan pada saat membina atau melatih masyarakat yang berolahraga di kelompoknya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah para ahli di bidang kesehatan olahraga yang berasal dari Perhimpunan Dokter Spesialias Kedokteran Olahraga (PDSKO) dan BKOM Bandung. dr. Andi Kurniawan, SpKO dari PDSKO menyampaikan materi terkait latihan fisik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Kaitannya dengan situasi pandemi, narasumber menyampaikan bahwa latihan fisik dengan intensitas sedang akan meningkatkan imun tubuh. Hal penting yang harus dipertimbangkan saat seseorang kembali berolahraga pada situasi New Normal setelah PPKM Panjang adalah: bagaimana kondisi kesehatan dan tingkat aktivtas fisik sebelum, selama dan setelah PPKM; bagaimana efek PPKM terhadap sistem muskuloskelatal dan kardiovaskular; serta bagaimana kondisi kesehatan bila telah terkena COVID-19. Narasumber dari BKOM Bandung, dr. Ijan Aprijana, SpKO menyampaikan materi terkait pengukuran kebugaran jasmani. Narasumber menyampaikan bahwa hasil pengukuran kebugaran penting untuk menentukan dosis latihan fisik.

 2,027 total views,  3 views today