Sosialisasi Senam Hipertensi BKOM Bandung Tahun 2023

BKOM Bandung telah melaksanakan sosialisasi senam hipertensi pada tanggal 17 Mei 2023. Kegiatan diselenggarakan dalam rangka memberikan edukasi dan mensosialisasikan senam hipertensi BKOM Bandung untuk pengendalian penyakit hipertensi. Kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui media zoom meeting ini dihadiri oleh pengelola kesehatan olahraga Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat serta perwakilan puskesmas di setiap Kabupaten/Kota. Selain itu, turut hadir juga instruktur olahraga dari Lembaga Lanjut Usia (LLI), Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Jawa Barat.

Gambar 1: Paparan Materi “Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Hipertensi melalui Latihan Fisik” oleh narasumber dr. Nawanto Agung P,Sp.KO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO)

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BKOM Bandung, dr, Linda Siti Rohaeti, MKM. Dalam sambutannya disampaikan bahwa BKOM Bandung sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan turut serta dalam upaya pencegahan dan pengendalian hipertensi melalui peningkatan status kesehatan dan kebugaran. Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui pembuatan senam hipertensi dan sosialiasi senam tersebut kepada masyarakat.

Pada kegiatan ini dipaparkan materi mengenai “Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Hipertensi melalui Pengendalian Faktor Risiko Hipertensi” dengan narasumber dr. Badai Bhatara Tiksnadi, Sp.JP, FIHA dari Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia (PERHI) dan “Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Hipertensi melalui Latihan Fisik” oleh narasumber dr. Nawanto Agung P,Sp.KO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO). Setelah pemberian materi oleh narasumber dipaparkan senam hipertensi BKOM Bandung oleh analis keolahragaan BKOM yaitu Niken Ayu Novitasari, S.Pd.

Gambar 2: Paparan Materi Senam Hipertensi oleh analis keolahragaan BKOM, Niken Ayu Novitasari, S.Pd

Senam hipertensi BKOM diharapkan dapat menjadi salah satu acuan latihan fisik yang dapat dilakukan untuk pencegahan dan pengendalian hipertensi.

Untuk video Senam Hipertensi BKOM Bandung dapat ditonton di bawah ini:

 22,978 total views,  5 views today